God is good, all the time.




Hello Folks.
Di tanggal 4 Februari 2020 kemarin,akhirnya gue (finally) wisuda, yeay!
Rasanya kalo di flashback lagi, petualangan memulai tugas akhir ini emang cukup menantang.  Mulai dari pedekate sama calon dosen pembimbing, nentuin topik utama skripsi, milih daerah penelitian, sampe akhirnya acc buat maju Seminar Usulan Penelitian.
Gue mengakui kalau drama skripsi gue tidak separah temen-temen gue yang lain. Ada yang bermasalah di dosennya lah, bermasalah di topiknya lah, gak di- acc acc buat maju sidang lah, dll dll.
Puji Tuhan gue tidak mengalami drama drama yang segitunya. Puji Tuhan gue punya dosen pembimbing yang sangat-sangat baik dan kooperatif.
Yang udah berjasa banget nawarin gue kerja sama dalam proyek penelitiannya sampe akhirnya gue bisa punya penghasilan sendiri. Huaa God bless you abudantly bukk!!

Hal yang cukup sulit mungkin karena gue melakukan penelitian ini sendirian. Jadi dari survey sampai ngurus administrasi dan ngambil data bener-bener gue urus sendirian.
Well gak masalah banget sih, tapi mungkin akan lebih enak kalo ngurusnya berdua jadi ada teman "seperjuangan" dan "sepenangungan" gitu wehehe.
Gonta gonta lokasi penelitian juga gue alamin, bahkan sebenernya skripsian ini gue modal nekat untuk "nyasar" daerah yang belum pernah gue datengin sama sekali.
Tapi kita percaya Tuhan bersama kita, right? 
Akhirnya segala proses itu terlewati :)

Akhirnya setelah proses yang (lumayan) panjang, dari Seminar UP tanggal 15 Juli 2019, terus harus bagi-bagi waktu antara magang dan organisasi, jadilah penelitian gue ketunda beberapa bulan.
Tapi it's okk, karena pada akhirnya salah satu target gue di 2019 bisa tercapai yaitu Seminar Hasil (Kolokium) sebelum 2019 berakhir, yaitu tanggal 17 Desember 2019.
Uwow. Tinggal 1 tahap lagi neeh. Sidang Komprehensif.
Tapii, tidak semudah itu ferguso.
Salah satu syarta cumlaude di Fakultas gue adalah wajib publish jurnal ilmiah say.  Dan itu ternyata memakan waktu yang cukup lama. Sedangkan kalo mau ngejar Wisuda Februari batas pendaftarannya adalah pertengahan Januari. Huft. 
Jadilah menunggu menunggu lagi, tiap hari bener-bener berdoa supaya Tuhan lancarkan proses jurnal dan sidang akhir ini wkwk.  Kalo memang belum rezekinya Wisuda Februari, mungkin emang itu yang terbaik dari Tuhan.

Sampai pada akhirnya tanggal 13 Feb 2020, dapet email dari publisher jurnal kalo jurnal gue accepted bok! Duh seneng bukan main. God is tooo good. All the time. Langsung buru-buru daftar sidang dan Puji Tuhan tanggal 21 Januari 2020, gue bisa menyelesaikan serangkaian tanggung jawab sebagai mahasiswa di Unpad.
Huwow.
Sampai akhirnya bisa Wisuda tanggal 4 Februari 2020, dan bisa dapet kesempatan untuk mewakili ratusan wisudawan lainnya menjadi Pembaca Janji Wisudawan.
Couldn't be more grateful for this. 
Terharu parah. College life is too priceless :") 


Berat banget rasanya meninggalkan Unpad dengan segala momen yang ada di dalamnya. But life must go on.
Buat teman-teman yang masih berjuang, semangat dan berdoa selalu, waktu Tuhan pasti yang terbaik kok.
Once again, trust me guys, God is good, all the time. 


Comments

Popular posts from this blog

First Timer in: #Jogja

We Meet Each Other By A Reason

Apakah negatif = buruk (?)