Apakah negatif = buruk (?)


Sebagai manusia, mayoritas kita pasti akan seneng kalo mendengar/melihat sesuatu yang positif. Kita seneng dipuji, kita seneng diapresiasi, kita seneng kalo dikasih hadiah, dan lain sebagainya. Tapi sebaliknya, ((biasanya)) berat banget buat kita untuk menerima kritikan, kemarahan orang lain, diejek, atau melihat nilai jelek, atau melihat sesuatu yang negatif. Gue semakin sadar sifat alamiah manusia ini baru-baru ini, ketika gue lagi mengolah data untuk skripsi gue. Hasilnya menyatakan bahwa ada beberapa variabel bebas yang pengaruhnya tidak signifikan terhadap variabel dependen.
Hasil ini tentu mengecewakan, karena berlawanan dengan hipotesis gue sebagai peneliti.Beberapa orang yang ngelihat hasil skripsi gue ini sampe bilang coba lagi coba lagi dan coba lagi. kenapa bisa gak berpengaruh? kok bisa gini? kok bisa gitu? Ayo coba lagi siapa tau bisa jadi signifikan.

Gue sempet bingung karena yang namanya penelitian, dilakukan untuk membuktikan hipotesis, kalo hipotesisnya salah, berarti ada variabel lain yang mungkin variabel independennnya akan lebih cocok dengan variabel dependennya. Dan itu bisa dicoba di penelitian lain di masa yang akan datang.
As simple as that. 
Tapi akhirnya gue sadar, kalo ternyata sifat alamiah manusia ini yang membuat kita gak bisa terima dengan hasil penelitian yang tidak sesuai hipotessis. Kita punya ekspektasi A, tapi realitasnya malah berlawanan alias -(A). Padahal banyak faktor yang bisa menyebabkan kenapa realita bisa berbeda dengan ekspektasi. Seperti di kehidupan sehari-hari pun, kita sering banget gak mendapatkan sesuatu yang kita mau. Kita mau diapresiasi, tapi malah dicaci maki. Kita pengennya disemangatin, eh malah dikritik sana sini. Sama sekali enggak salah kalo kita kecewa dengan realita yang berbanding terbalik dengan ekspektasi.  Tapi, akan menjadi kesalahan besar kalau kita tidak bisa dapet pelajaran apapun dari kejadian tersebut dan mengulanginya lagi dan lagi. Bahkan malah jadi putus asa dan langsung lepas tanggung jawab.

Perkataan negatif yang kita denger bisa jadi sesuatu yang bisa mendorong kita untuk lebih baik lagi dari sebelumnya.  Karena mental yang kuat bukan hanya terbentuk bukan dari pujian, tapi dari pengalaman, kritikan dan evaluasi. Jadi, negatif itu (maybe) gak selamanya buruk kok.
Tergantung konteksnya yaaa. Jangan patah semangat, maju terus pantang mundur!

Comments

Popular posts from this blog

First Timer in: #Jogja

We Meet Each Other By A Reason