#ceritaWistha: Being an introvert, salah gak sih?

Happy Wednesday, peeps. Malam ini, saya mau sedikit sharing sekaligus membahas mengenai salah satu tipe kepribadian manusia yakni tipe kepribadian introvert. 
Buat kalian yang belum tahu apa itu introvert, introvert (lawan kata dari ekstrovert) itu adalah kepribadian seseorang yang cenderung berfokus pada pemikiran yang dalam, penuh pertimbangan, dan selalu meluangkan waktu untuk diri sendiri atau “me time”. Hal ini membuat seorang introvert biasanya akan memikirkan matang-matang setiap perkataan yang akan diucapkannya dan tidak begitu nyaman ketika berada dalam lingkungan baru. Berbeda dengan kepribadian ekstrovert, yang cenderung spontan dan lebih senang berada dalam keramaian.
Tapi, saat ini masih banyak orang yang salah kaprah tentang arti introvert itu sendiri. Banyak yang berpendapat introvert itu sama artinya dengan pendiam, kutu buku, penyendiri, ga punya banyak teman, dan parahnya beberapa orang menganggap menjadi seorang introvert itu adalah sesuatu yang salah. Hmm..

Sebenarnya gak 100% pendapat kebanyakan orang tentang introvertness itu salah, tapi pemahamannya aja yang masih kurang tepat. As an introvert girl, jujur, saya sempat berpikiran kalau menjadi seorang introvert itu ga baik dan aneh. Syukurnya, seiring berjalannya waktu saya mulai menemukan orang-orang yang “setipe”, dan mereka lah yang banyak memberikan “pengetahuan-pengetahuan” baru tentang apa introvert itu dan berbagai kelebihan-kelebihan yang dimiliki seorang introvert. Well, it really increased my confidentiality for sure 
Kalau saat ini kamu merasa kamu adalah orang yang lebih senang  mungkin kamu adalah seorang introvert. Tapi jangan panik dulu, menjadi introvert itu sesungguhnya menyenangkan kok! Karena kita punya beberapa kelebihan yang (mungkin) sulit untuk dimiliki seorang yang esktrovert, diantaranya :


   1. Bisa menjaga rahasia
Karena introvert adalah seorang yang cenderung menyukai ketenangan dan menghindari konflik, sehingga seorang intorvert pasti akan berpikir puluhan kali sebelum menebarkan suatu gosip, apalagi jika itu tentang teman dekatnya sendiri.

   2.  Lebih mandiri dan dewasa

Mencari makan sendiri, belajar sendiri, dan pergi kemana pun sendirian menjadi bukan suatu masalah bagi seorang introvert. Inilah yang membuat seorang introvert biasanya jauh lebih mandiri ketimbang harus merepotkan orang lain.

   3.  Pendirian teguh

Berpikir berulang kali, menganalisis, dan mengamati sebelum memutuskan sesuatu menjadi kebiasaan seorang introvert. Sehingga, seorang introvert biasanya tidak akan mudah dipengaruhi oleh kabar-kabar atau isu negatif.

   4.  Sederhana dan tidak neko-neko

Seorang introvert biasanya adalah seseorang yang low profile dan tidak berusaha mendominasi, sehingga seorang introvert  akan mudah diterima dan akan menjadi teman yang menyenangkan
Selain itu, menjadi introvert itu bukan berarti kamu harus selalu diam dan ga bisa “speak-up”. For your information, banyak banget publik figure yang sering terlihat ekstrovert di layar kaca tapi ternyata seorang introvert ! Contohnya Barack Obama, Kristen Stewart, Bill Gates,  dan masih banyak lagi. So, being an introvert doesn’t mean you can’t be a success person.

Tetapi, jika kamu memang seorang introvert yang tidak nyaman untuk “sering-sering ngomong”, tapi ada banyak hal yang ingin kamu utarakan, kamu bisa mencari suatu media untuk “mengatakan” hal-hal yang ingin kamu utarakan itu. Bisa lewat puisi, surat, blog pribadi, lagu, gambar, dan masih banyak lagi. Hal tersebut bisa membuat kamu lebih ekspresif dan berlatih untuk lebih spontan.
So, introvert itu bukan suatu hal yang salah kok! Banyak kelebihan yang kamu miliki dan jangan lupa terus asah kemampuan yang kamu miliki yaps!



Source :
https://sehatafiat.com/pengertian-introvert/
www.amazine.co/40182/9-kelebihan-hal-positif-memiliki-kepribadian-introvert/




Comments

Popular posts from this blog

First Timer in: #Jogja

We Meet Each Other By A Reason

Apakah negatif = buruk (?)