#ceritaWistha: Melawan mental blocking?

Pernahkah kamu merasa minder dan pesimis saat mau melakukan sesuatu? Bisa jadi kamu sedang terperangkap dalam mental blocking. 
Mental blocking itu sendiri adalah semacam pikiran dan perasaan negatif seseorang yang muncul karena minimnya kepercayaan akan kemampuan diri sendiri atau paling sering muncul ketika seseorang takut gagal.
Dari situ, bisa kita tarik kalau mental blocking itu ternyata gak bagus guys, karena bisa menghambat pengembangan diri kita sendiri. Tapi, sebagai orang yang super sering “kejebak’ dalam mental blocking, saya merasakan bahwa selain bisa menghambat pengembangan diri, mental blocking ini bisa berpengaruh negatif sama mood dan kesehatan kita.
Saat kita sedang ingin mencapai sesuatu, lalu tiba-tiba muncul perasaan “gak pede” terus akhirnya kita memilih mundur, pastinya hal itu akan membuat kita merasa putus asa karena rasanya kayak “gue pengen tapi gue ga berani”, jadinya kepikiran, badmood, terus sakit kepala dan gak bisa tenang.Karena berkali-kali merasakan hal yang sama kayak gitulah yang membuat saya jadi sedikit “kebal” dan ingin melawan mental blocking dalam diri saya. Hal pertama yang saya lakukan adalah mencari inspirasi haha. Kamu mungkin bisa coba cara ini. 

Pertama, mulai temukan tokoh-tokoh sukses yang “mirip” dengan kamu. Misalnya sama-sama pemalu, atau sama-sama pernah jadi korban bully, sama-sama sering gagal audisi musik, dan hal lainnya yang bisa membuat kita berpikir, “ dia aja bisa, kenapa gue ngga, padahal kita sama-sama........”.
Selain itu, yang harus kamu lakukan adalah mencintai diri sendiri. Well, sebelum berusaha mencintai dan menyenangkan orang lain, sudah sepatutnya kita mencintai diri kita sendiri dulu yah guys! 
Setiap orang pasti punya kelebihan dan kelemahan, so jangan berusaha jadi orang lain karena setiap orang itu sudah takdirnya diciptakan berbeda satu sama lain.
Kalau kamu terus-menerus membandingkan dirimu sama orang lain, pasti gaakn pernah ada habisnya. Jadi, terima dan cintai diri kita sendiri, baru deh kembangkan kelebihan dan keunikan dari dirimu! Jangan lupa, be yourself yaaa.
Jangan lupa juga pasang target tentang apa yang ingin kamu capai. Gausah takut untuk pasang target tinggi, karena berharap itu gratis. Yang penting jangan lupa untuk terus diiringi usaha keras dan 
terus berdoa ya peeps!
Dan yang terakhir adalah berani speak up! Yesh, kekuatan dari “berbicara” salah satunya adalah bisa membuat diri lebih pede (menurut saya sih hehe), jangan suka memendam masalah, cari teman curhat yang bisa kamu percaya. Selain itu, semakin banyak kamu bicara, semakin banyak kesempatan kamu untuk didengar orang, dan itu bisa meningkatkan kepercayaan diri kamu. 
Tapiiii, pastikan pembicaraanmu berkualitas dan akurat, jangan asal ngomong aja ya haha.
Jadi, jangan terus menerus membiarkan mental blocking membatasi ruang lingkup prestasi dan pergaulanmu yah guys. Niatkan dari diri sendiri dan percaya sama kemampuan yang kita miliki. 
Happy Tuesday! 

Comments

Popular posts from this blog

First Timer in: #Jogja

We Meet Each Other By A Reason

Apakah negatif = buruk (?)