ceritaWistha : Kuliah di Jurusan Agribisnis

Halo! Kali ini aku bakal ngebahas seputar kehidupan perkuliahan sebagai mahasiswi Agribisnis di Universitas Padjadjaran.  Apalagi, di masa semester genap ini pasti banyak temen-temen kelas 3 SMA yang mulai galau mikirin jurusan apa yang akan diambil di perkuliahan nanti.


Meskipun sebenarnya tujuan ngebahas jurusan kali ini bukan untuk promosi, tetapi at least bisa memberi sedikit gambaran kepada temen-temen tentang jurusan agribisnis, khususnya bagi yang mau kuliah di Unpad :D
Ok! Yang pertama, jurusan agribisnis di Unpad itu berada dalam "naungan" Fakultas Pertanian. Meskipun ini tergantung dari kebijakan tiap universitas sih, karena ada universitas yang jurusan agribisnisnya masuk ke Fakultas Ekonomi, contohnya IPB. 
Nah lho..kenapa jurusan agribisnis bisa ada di fakultas ekonomi? 

Well, ini bisa jadi karena agribisnis itu (singkatnya) lebih berfokus pada pengolahan pasca panen, manajemen pemasaran dan pembiayaan sektor pertanian. Tapi ya di agribisnis Unpad sendiri, mahasiswanya tetap mendapatkan mata kuliah terkait pengolahan lahan, agronomi, hingga budidaya tanaman supaya dasar ilmunya kuat. 

Mata kuliah di agribisnis Unpad sendiri itu ada banyak, haha. Tapi, dari yang aku perhatiin, tiap mata kuliah kayak dibagai ke beberapa spesialisasi gitu.
Ada tentang sosiologi dan kelembagaan, manajemen pemasaran, manajemen pembiayaan dan keuangan, manajemen logistik, dsb. Dan tiap bidang spesialisasi ini semacam mengarahkan ke kita ke topik tugas akhir yang akan kita pilih nantinya. 
Untuk semester 1, mata kuliahnya masih mata kuliah yang umum, kayak agama, bahasa inggris, dan mata kuliah pengantar. 
Mata kuliah pilihan biasanya dapat mulai dipilih dari semester 4. Dan karena agribisnis berkaitan erat dengan dunia bisnis dan ekonomi pertanian, 
maka kita juga belajar mata kuliah ekonomi makro& mikro, akuntansi, pembiayaan, sampai koperasi dan UMKM. Karena agribisnis sendiri cakupan ilmunya sangat luas, 
jadi mata kuliah yang dipelajari pun cukup komprehensif. 

Kemudian, dari segi keseharian dan kegiatan di perkuliahan, kita juga ikut turun praktikum ke lahan untuk mengetahui proses dan teknik budidaya tanaman pangan, tanaman hias, dan tanaman perkebunan. Meskipun mungkin analisis hasil praktikumnya nggak terlalu mendalam dibandingin teman-teman dari jurusan agroteknologi, ilmu tanah atau agronomi.
Salah satu output dari agribisnis juga adalah menghasilkan suatu karya (yang berkaitan dengan pertanian) yang inovatif dan kreatif, serta memiliki nilai komersial. Makanya agribisnis Unpad cukup sering ngadain pameran sekaligus festival produk agribisnis, entah berupa makanan atau barang, salah satunya dengan event Agriday. Pameran ini biasanya bakal super menarik, karena banyak produk-produk baru hasil kreativitas mahasiswa yang sebelumnya mungkin ga pernah terpikir kalau itu bisa dijadikan produk yang berdayaguna.

Selain itu, agribisnis juga berkaitan erat dengan rural approach atau pendekatan ke masyarakat di daerah pedesaan, karena sebagian besar lahan pertanian Indonesia berada di daerah pedesaan.
Nah, ini juga yang membuat kita akan sering "jalan-jalan" untuk mencari dan mewawancarai narasumber di pedesaan, baik itu petani, ketua kelompok tani, pemilik lahan, dan lain sebagainya,
Selain wawancara di pedesaan, di agribisnis juga beberapa kali diadakan kuliah lapangan untuk turun langsung dan berkomunikasi dengan masyarakat pedesaan daerah setempat, seperti ke daerah Lembang dan daerah Pangandaran. Jadi kita juga diharapkan bisa menganalisis potensi suatu daerah, terutama dari bidang pertaniannya. 

Itu dia sepercik pengalaman -aku pribadi- selama kuliah di jurusan agribisnis Unpad. 
Salah satu alasan aku mau masuk jurusan ini adalah karena disini kita belajar menganalisa banyak hal dan ingin belajarmelakukan pendekatan dengan masyarakat suatu daerah, karena komunikasi verbal merupakan salah satu kemampuan yang ngga ada habisnya untuk dipelajari.
Jadi, jangan ragu untuk memilih jurusan ini sebagai jurusan kuliahmu kelak, karena banyak hal menarik dan pengalaman seru yang bisa kamu dapatkan dengan belajar di jurusan agribisnis!  
Kalau masih ada pertanyaan atau pendapat lain bisa komen dibawah😆

Comments

Popular posts from this blog

First Timer in: #Jogja

We Meet Each Other By A Reason

Apakah negatif = buruk (?)